Indonesia English Japanese Chinese Simplified Arabic German


Pengertian Transplantasi Ginjal

Transplantasi ginjal atau dikenal dengan sebutan cangkok ginjal adalah suatu tindakan memindahkan ginjal dari satu individu ke individu lainnya. Transplantasi ginjal dibagi menjadi dua yaitu cadaveric-donor (donor ginjal dari individu yang telah meninggal) atau living-donor (donor ginjal dari individu yang masih hidup).
Living-donor dibagi lagi menjadi dua yaitu related (donor ginjal dan resipien ginjal memiliki hubungan kekerabatan) dan non-related (donor dan resipien tidak memiliki hubungan kekerabatan).
Indikasi dilakukannya transplantasi ginjal adalah pasien dengan penyakit ginjal tahap akhir (end-stage renal disease). Beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit ginjal tahap akhir adalah hipertensi, infeksi, kencing manis (diabetes mellitus), kelainan bentuk dan fungsi ginjal bawaan, dan kondisi autoimun seperti lupus.
Transplantasi ginjal harus melewati beberapa persyaratan, seperti usia (seseorang harus berada pada rentang usia tertentu untuk masuk ke dalam waiting-list transplantasi ginjal) dan kesehatan pasien (penyakit jantung atau paru yang amat parah biasanya tidak disarankan untuk menjalani transplantasi ginjal). Pasien dengan HIV juga tidak disarankan untuk menjalani transplantasi ginjal.
Sumber donor ginjal dibedakan menjadi dua yaitu donor hidup (living-donor) dan donor dari individu yang telah meninggal (deceased-donor). Persentase transplantasi ginjal dari donor hidup saat ini terus meningkat. Donor hidup harus melewati serangkaian tes dan evaluasi secara fisik dan psikis sebelum mendonorkan ginjalnya. Pada beberapa negara berkembang biasanya ditemukan orang yang menjual ginjalnya.
Operasi transplantasi ginjal biasanya memakan waktu 5 jam. Ginjal yang telah diangkat dari tubuh donor akan diletakkan pada rongga perut bagian bawah tubuh resipien dan pembuluh darahnya akan disambungkan ke pembuluh darah pada tubuh resipien, selanjutnya ureter dari ginjal donor akan disambung ke kantung kemih resipien.
Biasanya ginjal yang telah dicangkok-kan ini akan memproduksi urin dengan segera. Pasien yang telah menjalani transplantasi ginjal (resipien) biasanya akan membutuhkan obat imunosupresan (penekan sistem imun) sepanjang hidupnya untuk mencegah terjadinya reaksi penolakan tubuh terhadap ginjal yang telah di-cangkok.
Beberapa komplikasi setelah dilakukannya transplantasi ginjal adalah:
  • Transplant rejection (reaksi penolakan tubuh terhadap ginjal yang telah di-cangkok)
  • Infeksi, karena mengonsumsi obat-obatan imunosupresan yang dibutuhkan untuk mencegah reaksi rejection.
  • Post-transplant lymphoproliferative disorders (suatu tumor limfe karena imunosupresan)
  • Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh
Pasien dengan transplantasi ginjal biasanya akan hidup lebih lama dibandingkan pasien dengan cuci darah (hemodialysis). Pasien dengan transplantasi ginjal umumnya akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan dengan pasien dengan cuci darah saja.

2 komentar:

  1. ####################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##################################################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##################################################################
    (RALAT) mohon maaf sblmya sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851 444
    ##############################

    BalasHapus
  2. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus

Terima kasih telah memberikan komentar

 
close
close
 
SELAMAT DATANG DI UNIT HEMODIALISA RSUD TAMAN HUSADA BONTANG, Semoga dengan adanya blog ini kita bisa lebih mengenal tentang apa itu hemodialisa..DENGAN HEMODIALISA KUALITAS HIDUP MENJADI LEBIH BAIK...#Terima kasih atas kunjungan anda